Kuliah itu...

Selamat pagi para pembaca setia blogkuuu love struck. Di postingan kali ini gue mau kupas tuntassss segala hal tentang dunia perkuliahan yang pastinya beda banget kek jaman sekolah dulu, mulai dari peralatan tulis sampai kebiasaan-kebiasaan yang ada di kampus. Karena disini gue juga maba alias mahasiswa baru, so yang gue tulis disini adalah sebagian kecil pengalaman-pengalaman pribadi gue waktu di kampus. Buat elo yang mau kuliah atau juga baru masuk kuliah, baca deh nih tulisan gue siapa tau bisa ngebantu elo semua biar lebih tau 'kuliah itu seperti apa'. Dari pada gue orasi terus mending kita mulai yukk, dari..



1. PAKAIAN



Mulai sekarang, lipat rapi dan masukin seragam sekolah lo ke lemari karena lo nggak akan butuhin itu lagi. Buat ke kampus lo nggak perlu pake seragam, kaos kaki panjang, sepatu hitam polos, dasi, dan topi (bawa topi emang lo mau upacara?laughing). Lo hanya perlu pake pakaian yang rapi + sopan. Sopan ya berarti layak, pake celana panjang, baju berkerah, dan bersepatu, bukan hotpans atau rok mini apalagi celana gemes yaa.. laughing



2. PERALATAN TULIS



Peralatan tulis yang digunain di kampus sebenernya nggak jauh beda kek waktu lo masih sekolah. Mungkin bedanya waktu sekolah dulu lo masih rajin ngumpulin bolpoin, tipe-x, pensil, penghapus, penggaris, dan lo masukin semua jadi satu ke tempat pensil, kalo di kuliahan lo nggak butuhin itu semua! Yang wajib lo bawa yang pertama adalah bolpoin, Tipe-x nggak penting-penting banget kalo menurut gue karena tiap hari nyatet juga di buku pribadi jadi kalau salah ya tinggal coret aja pake bolpoin. Dan inget buku cacatan nggak akan dikumpulkan! big grin Kecuali kalo jurusan lo seni ya lo kudu bawa pensil, penghapus, dan temen-temennya itu. Barang kedua yang lo wajib bawa adalah buku catatan. Kalo di sekolah dulu per mata pelajaran lo kudu punya buku catatan sendiri, pekerjaan rumah sendiri, ulangan harian sendiri, nah di kuliah nanti lo gak perlu bawa buku segitu banyaknya. Cukup satu buku buat satu mata kuliah, dan itupun bisa untuk setahun kedepan. Atau kalau lo ngerasa bawa buku juga masih ribet karena berarti tiap mata kuliah harus punya satu buku, lo bisa pake binder. Gue sih juga lebih seneng pake binder, karena yang pertama lebih gaul laughing dan yang kedua nggak ribet harus punya satu buku untuk tiap mata kuliah karena satu binder untuk semua pelajaran, dan kalo habis tinggal beli kertas isi ulangnyalaughing.



3. MATA PELAJARAN



Dulu di jaman sekolah mata pelajaran yang kita dapet mencakup semua bidang pendidikan, seperti matematika, sains, geografi, bahasa indonesia, dan temen-temennya itu. Nah begitu kita masuk sekolaah menengah atas, kita juga masih diberi pelajaran yang seabrek banyaknya itu bedanya disini yang kita pelajari lebih spesifik sesuai jurusan kita, ipa, ips, atau jurusan bahasa. Di kuliahan pelajaran yang kita dapet adalah yang sesuai sama jurusan yang kita ambil. Misal, lo ambil jurusan akuntansi, yah yang lo pelajari nanti ya seputar ilmu ekonomi. Mungkin hanya beberapa pelajaran umum saja yang akan kita pelajari di kuliah. Misal, lo masuk perguruan tinggi berbasis Islam kek IAIN dan UIN, disana lo akan nerima pelajaran keagamaan seperti bahasa arab. Mata pelajaran/ kuliah umum yang akan lo terima lainnya misalnya bahasa inggris, bahasa indonesia, pendidikan agama, filsafat pancasila, dan lain-lain sesuai dengan ketentuan kampus lo. Dan inget, di kuliah nanti lo nggak akan dibagikan buku diktat atau buku paket. Jadi yah ngerti nggaknya lo sama pelajaran yang diberikan dosen itu tergantung sama catatan lo. Tapi biasanya sih sebagai penunjang belajar lo nanti disuruh beli buku paket gitu, atau pinjem buku di perpustakaan kampus. Jadi mulai sekarang mulai nabung ya buat beli buku penunjang karena buku seperti itu nggak murah guys winking.



4. GURU VS DOSEN




Guru sama dosen itu beda! Kenapa gue bilang beda walaupun sama-sama pembimbing kita di kelas? Dari penyebutan kalimatnya udah beda, guru dieja G-U-R-U sedangkan dosen dieja D-O-S-E-N (yaelah anak sd aja tau keless) haha enggaklah becanda gue laughing. Yang pertama kenapa guru dan dosen itu beda adalah ketika guru ngasih kita pelajaran di sekolah dulu, dia lebih memperhatikan kita, misal ketika guru lagi nerangin pelajaran dan kita disuruh nyatet nah biasanya akan keliling deh tuh dia buat meriksa tulisan kita. Atau kalo kita tidur disaat pelajarannya, dia pasti bangunin kita dan nyuruh kita buat fokus ke pelajarannya lagi. Beda tuh sama dosen, saat dia nerangin di depan, dia nggak akan muter buat meriksa catetan lo, entah lo mau nyatet atau nggak, mau dengerin atau nggak, atau malah lo buat tidur, itu suka-suka lo! Yang penting mah lo masuk aja waktu ulangannya laughing. Bedanya guru sama dosen yang kedua adalah jam terbangnya (lah emang mereka bisa terbang?) haha enggaklah, yang gue maksud adalah jam mereka masuk ke kelas kita. Kalo guru itu lebih rajin masuk kelas kita alias jarang banget jam kosong, di kuliahan dosen lebih sering gak masuk kelas. Bayangin deh ya, gue baru dua hari masuk kuliah, nah selama 2 hari itu juga ada aja dosen yang gak masuk kelas, nggak tau alesannya apa whew!(curcol hehe..)



5. JAM MASUK

Kalo dulu disekolah lo belajar hampir 7 jam mulai dari jam 7 pagi sampai rata-rata jam 2 siang, di kuliah lo cuma belajar sekitar 3-4 jam. Kenapa? Ya karena mata kuliah lo juga gak sebanyak mata pelajaran yang ada di sekolah dulu. Mungkin cuma 2 mata kuliah tiap hari, itupun kalo nggak ada salah satu pelajaran yang kosong. Kalo salah satu kosong yah jadi lo cuma nerima 1 mata kuliah. Kalo dua-duanya kosong yah berarti lo nggak nerima pelajaran sama sekali! Nyebelin kan, udah ditungguin malah nggak dateng, banyak banget dosen php emang d'oh. Tapi enaknya, ketika jam kosong di kampus lo bisa pulang-pergi seenak jidat lo, nggak perlu deh nungguin gerbang dibukain sama pak satpam!laughing Jam masuk kampus juga dibagi beberapa jam, ada jam pagi, jam sore, dan jam malem. Jadi nggak semua mahasiswa itu masuknya barengan. Dan inget ya, di kampus lo gak akan dengerin bel masuk berbunyi, jadi lo nggak tau kalau dosen udah masuk kelas lo sementara lo masih ngobrol-ngobrol cantik di kantin. Beda kek waktu sekolah dulu, ketika lo denger bunyi bel langsung deh lari ke kelas daripada disamperin guru ke kantin big grin.



6. PR MASIH BERLAKU



At last but not least , inget ya, dibangku kuliah jangan pikir lo akan terbebas dari yang namanya pr. Bahkan di kuliah nanti pr lo akan semakin banyak! Jadi jangan kaget kalo baru sekali pertemuan aja dosen lo udah ngasih pr ke lo. Dan mereka nggak akan ngasih lo pr berupa 5 soal yang harus lo jawab, melainkan sebuah makalah! Hebat kan baru masuk udah suruh bikin makalah! Kan kita belum ngerti pak dosen confused


Nah itu yang bisa gue bagi ke lo, itu sih baru pengalaman gue aja ya winking. Tangkiyu udah sempetin baca, semoga bisa bermanfaat buat lo winking. Okeyy see you at the next post wave.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ONE DIRECTION - FOOL'S GOLD (LIRIK+TERJEMAHAN)

LIRIK DAN TERJEMAHAN LAGU ZAYN MALIK - FOOL FOR YOU

ONE DIRECTION - SPACES (LIRIK+TERJEMAHAN)